Wednesday 6 July 2016

Touring Situs Ratu Boko Yogyakarta

Journal, Mbah Suro –  Liburan harus di isi dengan yang positif, hal yang bisa dilakukan adalah dengan liburan ke situs candi. Selaian Anda akan mendapatkan hiburan, Anda juga dapat mengenal berbagai situs sejarah yang pernah ada pada zaman dahulu. Sedikit sejarah yang bisa kita ketahui dari situs Ratu Boko adalah sebagai berikut:

"Situs Ratu Boko terletak di atas perbukitan Boko dengan ketinggian 195,97m di atas permukaan laut dengan luas sekitar 160.898 m2. Situs Ratu Boko merupakan peninggalan sejarah yang bercorak Hinduisme dan Budhisme, yang dibangun pada abad VII – IX M. pada waktu pertama kalinya, situs ini adalah sebuah kompleks wihara sebagaimana tercatat dalam prasasti Abhayagiriwihara yang berangka tahun 792 M. Tinggalan arkeologi yang bersifat Budhisme lainnya yaitu reruntuhan stupa, arca Dhyani Buddha stupika".

"Sekitar tahun 8567 M, situs ini berubah menjadi kediaman seorang penguasa bernama Rakai Walaing Pu Kumbhayoni yang beragama Hindu. Temuan Arkeologi berupa prasasti yaitu prasasti ratu Boko a, b (berangka tahun 856 M) dan c semua mengandung keterangan tentangpendiri lingga yaitu Lingga Krtivaso, Lingga Tryambaka dan Lingga Hara. Prasasti lain yang ditemukan yaitu prasasti Pereng (862 M) mengandung keterangan pendirian sebuah bangunan suci untuk dewa Siwa yaitu candi Badraloka. Adapun tinggalan arkeologi lainnya yang bersifat hinduisme adalah arca Durga, Ganesa, miniature candi, yoni dan prasasti dari lempeng emas". (sumber data: Situs Ratu Boko)


Mbah suro pada saat kesana dihadapkan dengan masalah teriknya matahari, maka persiapan yang harus dibawa adalah air minum yang banyak, topi, paying, dan gunakan pakaian yang bisa menyerap keringat. Untuk sampai kesana ada beberapa alternatif menurut google maps, yaitu sebagai berikut:

Rute Dari Bantul
  1. Kecamatan Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  2. Ambil Jl. Kyai Ageng Teram ke Jl. Bantul di Pendowoharjo sekitar 4 mnt (1,7 km)
  3. Berkendara dari Jl. Parangtritis dan Jl. Nasional IIIke Banguntapan sekitar 21 mnt (12,0 km)
  4. Ambil Jl. Potorono/Jl. Wonosari ke Jl. Nasional IIIdi Potorono sekitar 4 mnt (1,9 km)
  5. Berkendara dari Jl. Raya Piyungan ke Bokoharjo sekitar 22 mnt (13,9 km)
  6. Berkendara ke tujuan Anda sekitar 2 mnt (250 m)
  7. Tujuan Ratu Boko Daerah Istimewa Yogyakarta


Jarak tempuh dari kota Bantul adalah sekitar 29,8 km (1 jam 2 menit) menurut google maps. Untuk retribusi masuk objek wisata sebesar Rp 25.000,00, biaya parkir Rp 3.000,00, dan biaya pipis gratis (sudah disediakan toilet umum). Bagi yang akan menggunakan paket sunset plus dinner adalah sebesar Rp 75.000,00. Informasi ini dapat berubah sesuai dengan keputusan pengelola situs Ratu Boko.

Sekian dulu touring yang bisa dibagi.

Ilustrasi Gambar:


Refrensi: google.com dan google maps

Sumber Data: Mbah Suro

0 comments:

Post a Comment